Kamis, 24 Januari 2013

Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad


  Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad Rasulullah Saw





  1. Rosulullah lahir pada hari Senin Tanggal 12 Robi’ul Awwal tahun gajah bertepatan dengan tanggal 21 April Tahun 570 M. proses kelahiran Rosulullah di bidani oleh As-syifa ibunda Abdurrahman bin Auf. 
  2. Ayahnya meninggal ketika Rosulullah masih berusia 6 bulan di dalam kandungan ibunya. 
  3. Ibunya meninggal ketika Rosulullah masih berusia 6 tahun 
  4. Setelah ibunya meninggal lalu Rosulullah di asuh oleh kakeknya yang bernama abdul muthalib 
  5. Orang orang yang pernah menyusui nabi:
    1. Siti Aminah (ibunya nabi) 
    2. Suaibah al aslamiyah 
    3. Halmatu’sa’diyah 
    4. Haulah binti al munzir 
    5. Ummu Aiman
    Dalam buku tertulis ada 8 orang  lagi silahkan Anda cari sendiri,  karena 3 lagi tidak di sebutkan nama-namanya dalam buku.
  6. Pada usia 8 tahun kakek beliau meninggal pada tahun 578 M, abdul muthalib wafat pada umur 110 tahun, dimakamkan di Al-Hajun, lalu diasuh sama pamannya yang bernama Abu Tholib. 
  7. Pada usia 12 tahun Rasul mulai belajar berdagang sama pamannya ke negeri Syam, ketika diperjalanan menuju Syam bertemu dengan pendeta yang bernama Bahira, dan pendeta tersebut mengetahui bahwa Muhammad calon utusan Allah. 
  8. Ketika usia 25 tahun Rasul berdagang menjajakan dagangan Siti Khadijah dan ditemani oleh pembantu Khadijah bernama Maesaroh. Ketika di perjalanan Rasul bertemu lagi dengan seorang pendeta dan pendeta tersebut meramal Rosul bahwa Rosul adalah utusan Allah 
  9. Ketika umur 25 tahun Rosul menikah dengan Siti Khadijah yaitu seorang janda kaya berusia 40 tahun. Dalam pernikahannya di hadiri oleh abu bakar. 
  10. Pada usia 40 tahun Rosul diangkat menjadi nabi, lalu Rosul diberi wahyu pertama di Gua Hirahari Senin Tanggal 17 Ramadhan yang disebut dengan istilah Nujulul Qur’an dan orang yang pertama kali mempercayai bahwa rosul mendapat wahyu dari Allah adalah Siti Khodijah. 
  11. Rosul berdakwah di Makkah selama 13 dan berdakwah di Madinah selama 10 tahun. 
  12. Rosul wafat di Madinah pada hari senin tanggal 12 robi’ul awwal tahun ke 11 hijriyah pada usia 63 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar